PIECES : Masalah dan Solusi
Metode PIECES adalah metode analisis sebagai dasar untuk memperoleh pokok-pokok permasalahan yang lebih spesifik. Dalam menganalisis sebuah sistem, biasanya akan dilakukan terhadap beberapa aspek antara lain adalah kinerja, informasi, ekonomi, keamanan aplikasi, efisiensi dan pelayanan pelanggan. Analisis ini disebut dengan PIECES Analysis (Performance, Information, Economy, Control, Eficiency and Service).
Analisis PIECES ini sangat penting untuk dilakukan sebelum mengembangkan sebuah sistem informasi karena dalam analisis ini biasanya akan ditemukan beberapa masalah utama maupun masalah yang bersifat gejala dari masalah utama. Metode ini menggunakan enam variable evaluasi yaitu :
1. Performance (kinerja)
Kinerja merupakan variable pertama dalam metode analisis PIECES. Dimana memiliki peran penting untuk menilai apakah proses atau prosedur yang ada masih mungkin ditingkatkan kinerjanya, dan melihat sejauh mana dan seberapa handalkah suatu sistem informasi dalam berproses untuk menghasilkan tujuan yang diinginkan. Dalam hal ini kinerja diukur dari:
- throughput, yaitu jumlah pekerjaan/output/deliverables yang dapat dilakukan/ dihasilkan pada saat tertentu.
- response time, yaitu waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan serangkaian kegiatan untuk menghasilkan output/deliverables tertentu.
2. Information (informasi)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki sehingga kualitas informasi yang dihasilkan menjadi semakin baik. Informasi yang disajikan haruslah benar–benar mempunyai nilai yang berguna. Hal ini dapat diukur dengan :
- Keluaran (outputs): Suatu sistem dalam memproduksi keluaran.
- Masukan (inputs): Dalam memasukkan suatu data sehingga kemudian diolah untuk menjadi informasi yang berguna.
3. Economic (ekonomi)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat ditingkatkan manfaatnya (nilai gunanya) atau diturunkan biaya penyelenggaraannya.
4. Control (pengendalian)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat ditingkatkan sehingga kualitas pengendalian menjadi semakin baik, dan kemampuannya untuk mendeteksi kesalahan/ kecurangan menjadi semakin baik pula.
5. Efficiency (efisiensi)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki, sehingga tercapai peningkatan efisiensi operasi, dan harus lebih unggul dari pada sistem manual.
6. Service (layanan)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki kemampuannya untuk mencapai peningkatan kualitas layanan. Buatlah kualitas layanan yang sangat user friendly untuk end – user (pengguna) sehingga pengguna mendapatkan kualitas layanan yang baik.
Automated Tools and Technology
1) Computer-aided systems engineering (CASE) -
Penggunaan alat perangkat lunak otomatis yang mendukung gambar dan analisis model sistem dan spesifikasi terkait. Beberapa alat CASE juga menyediakan kemampuan pembuatan prototipe dan kode.
- Gudang CASE - basis data pengembang sistem tempat pengembang dapat menyimpan model sistem, deskripsi dan spesifikasi terperinci, dan produk pengembangan sistem lainnya. Sinonim meliputi kamus dan ensiklopedia.
- Forward engineering - kemampuan alat KASUS yang dapat menghasilkan perangkat lunak awal atau kode basis data langsung dari sistem.
- Reverse engineering - kemampuan CASE tool yang dapat menghasilkan model sistem awal dari perangkat lunak atau kode basis data.
2) Lingkungan pengembangan aplikasi (ADE)
Alat pengembangan perangkat lunak terintegrasi yang menyediakan semua fasilitas yang diperlukan untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi baru dengan kecepatan dan kualitas maksimum. Sinonim yang umum adalah lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE)
Fasilitas ADE dapat meliputi:
- Memprogram bahasa atau juru bahasa
- Alat konstruksi antarmuka
- Middleware
- Alat uji
- Alat kontrol versi
- Bantu alat penulisan
- Tautan repository
3) Process and Project Managers
- Aplikasi manajer proses - alat otomatis yang membantu mendokumentasikan dan mengelola metodologi dan rute, hasil-hasilnya, dan standar manajemen kualitas. Sinonim yang muncul adalah methodware.
- Aplikasi manajer proyek - alat otomatis untuk membantu merencanakan kegiatan pengembangan sistem (lebih disukai menggunakan metodologi yang disetujui), memperkirakan dan menetapkan sumber daya (termasuk orang dan biaya), menjadwalkan kegiatan dan sumber daya, memantau kemajuan sesuai jadwal dan anggaran, mengontrol dan memodifikasi jadwal dan sumber daya , dan melaporkan kemajuan proyek.
Komentar
Posting Komentar