Langsung ke konten utama

Information and Communication Technology Hardware

Pengertian Sistem Komputer

Sistem Komputer adalah sekumpulan komponen komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, sehingga mememungkinkan komponen komponen tersebut saling berinteraksi satu sama lain untuk melaksanakan tugas yang pengguna atau brainware instruksikan.

Secara umum komponen komponen pada sistem computer terbagi menjadi tiga yaitu hardware, software dan brainware. Ketiga jkomponen ini masing masing memliki peran peran nya masing masing yang sangat penting untuk mengolah sebuah informasi data. Mereka harus bekerja bersamaan dan apabila salah satu dari komponen itu hilang maka sistem computer tidak akan mampu bekerja dengan baik.

Contohnya adalah Sebuah komputer tidak akan bekerja tanpa adanya instruksi dari pengguna atau brainware, begitu juga dengan sebuah software tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya sebuah hardware.

Pengertian Hardware 

Perangkat keras (Hardware) adalah salah satu komponen dari computer yang bisa dilihat dan diraba dan berfungsi untuk proses komputerisasi.

Hardware atau perangkat keras merupakan satu komponen penting pada sebuah komputer. Komputer terdiri dari tiga perangkat penyusun yang saling berkaitan erat dan saling mendukung satu dengan yang lainnya dan saling mempengaruhi.

Fungsi Hardware

  • Menerima Input
  • Mengolah data/informasi
  • Memberikan Output
  • Menyimpan data dan informasi

Jenis Jenis Hardware

Berdasarkan fungsinya, Perangkat keras computer terbagi menjadi :

  1. Perangkat Masukan (Input Divices)
  2. Perangkat Keluaran (Output Devices)
  3. Perangkat Pemrosesan (Process Devices) 
  4. Perangkat Penyimpanan (Memory/Strotage Devices)

Keempat komponen tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

        1. Perangkat Masukan (Input Divices)

Perangkat masukan adalah alat hardware yang berfungsi untuk memasukkan data yang akan diproses kedalam computer. Perangkat masukan dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu perangkat masukan langsung dan perangkat masukan tidak langsung.

    • perangkat masukan langsung berarti data langsung diproses oleh CPU (Central Processing Unit) tanpa terlebih dulu dimasukkan kedalam media penyimpanan luar sehingga memungkinkan pemakai dan sistem computer berintekasi langsung. Contoh perangkat masukan langsung adalah : Keyboard, mouse, dan Pointing device.
    • perangkat masukan tidak langsung berarti data yang dimasukan tidak langsung diproses oleh CPU (Central Processing Unit), tetapi direkam dahulu oleh suatu media Machine Readable Form (Bentuk yang hanya bisa dibaca oleh computer) yang berbentuk simpanan luar. Contoh perangkat masukan tidak langsung adalah magnetic disk.

        2. Perangkat Pemrosesan (Process Devices) 

Perangkat pemrosesan adalah perangkat dimana semua intruksi intruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukan melalui perangkat masukan dan hansilnya akan ditamoilkan pada perangkat keluaran. Perangkat pemrosesan terdiri dari CPU (Central Processing Unit) dan Main Memory.

  • CPU (Central Processing Unit)

CPU adalah adalah bagian internal dari suatu komputer yang menjalankan semua instruksi-instruksi yang diberikan kepadanya oleh program program computer. Elemen-elemen pokok CPU adalah :

    • Control Unit, Control unit berfungsi mengarahkan seluruh sistem computer dalam menjalankan semua fungsinya. Unit pengendali mengatur kapan perangkat masukan meneriman data dan kapan data diolah dan ditampilkan oleh perangkat keluaran.
    • Aritmatic and logical unit (ALU), Unit logika aritmatika adalah suatu bagian dari CPU yang melaksanankan suatu pekerjaan perkerjaan komputasi dan logika
  • Main Memory Unit

Main Memory Unit adalah suatu perangkat yang dapat menyimpan data dan instruksi dengan kapasitas yang besar terdiri dari :

    • RAM (Randomly Accessable Memory), Ram adalah memori yang dapat diakses dan dapat diisi serta diambil isinya oleh pengguna
    • ROM (Read Only Memory), ROM adalah memori yang hanya dapat dibaca saja oleh pengguna dan tidak dapat mengisi sesuatu ke dalam ROM. ROM biasanya telah diisi oleh pabrik pembuatnya yang berupa sistem operasi.

        3. Perangkat Keluaran (Output Devices)

Perangkat keluaran komputer adalah perangkat yang berguna untuk menghasilkan output dari suatu computer seperti menggambar, kertas (hardcopy), suara, dll. Contoh perangkat keluaran adalah printer, speaker, monitor, dll.

        4. Perangkat Penyimpanan (Memory/Strotage Devices)

Perangkat penyimpanan (memory device) atau sering disebut memori (memory) merupakan perangkat yang digunakan untuk melakukan penyimpanan data dalam computer. Memori komputer dapat dibedakan menjadi dua yaitu :

  • Internal Memory 

Internal Memory adalah sebuah memori dimana yang letaknya berada pada perangkat motherboard computer. Internal memori computer terdiri RAM (Randomly Accessable Memory) dan ROM (Read Only Memory)

  • Secondary/External Memory 

Secondary/Eksternal memory adalah memori yang tidak berhubungan langsung dengan motherboard, disebut eksternal karena biasanya letaknya tidak terhubung langsung dengan motherboard bahkan ada yang diluar casing (box) CPU. Yang termasuk dalam kategori eksternal momori adalah floppy disk, harddisk, optical disk, CD-ROM, flash memory, dan lain-lain.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur dan Komponen The Open Group Architecture Framework (TOGAF)

Ada tiga struktur dan komponen TOGAF (The Open Group, 2009), yaitu: 1) Architecture Development Method Architecture Development Method menjelaskan bagaimana cara menemukan arsitektur perusahaan / organisasi khusus berdasarkan kebutuhan bisnis. Ini adalah bagian utama dari TOGAF.(Safitri & Pramudita, 2017) 2) Foundation Architecture (Enterprise Continuum) adalah "kerangka kerja dalam kerangka" yang menyediakan tautan untuk mengumpulkan aset arsitektur yang relevan dan memberikan panduan kapan harus pindah abstraksi tingkat yang berbeda. Foundation Arsitektur terdiri dari: Model Referensi Teknis, menyediakan model dan klasifikasi dari platform layanan generik.  Basis Informasi Standar, memberikan standar dasar dari informasi. Building Block Information Base, menyediakan blok-blok dasar informasi di masa yang akan datang. 3) Resource Base Bagian ini memberikan sumber-sumber informasi berupa guidelines, templates, checklists, latar belakang informasi dan detil material penduk...

Enterprise Resource Planning

Sejarah Enterprise Resource Planning Pada awal tahun 1960-an, terdapat sistem informasi yang disebut dengan Material Requirement Planning (MRP) yang merupakan tahap awal terbentuknya ERP software ini dengan konsep perencanaan kebutuhan material dengan fungsi pada area/bagian Inventory Management dan Company Production. Konsep MRP pun mulai berkembang pada tahun 1970-an menjadi Close-Loop MRP hingga akhirnya berubah menjadi MRP II (Manufactur Resource Planning) pada tahun 1980 dan terciptalah ERP yang merupakan perluasan pada beberapa proses bisnis pada tahun 1990-an. Pengertian Enterprise Resource Planning ERP adalah singkatan dari 3 elemen kata yaitu, Enterprise (perusahaan/organisasi), Resource (sumber daya), Planning (perencanaan), 3 kata ini mencerminkan sebuah konsep yang berujung kepada kata kerja, yaitu “planning” yang berarti bahwa ERP menekankan kepada aspek perecanaan.  ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan software yang mengintegrasikan semua departemen ...

Revolusi Industry 4.0

Revolusi Industri 4.0 Pada saat ini bahwa dunia saat ini telah memasuki era revolusi industri keempat. Dimana Karakteristik revolusi industry 4.0 ditandai dengan berbagai teknologi terapan (applied technology), seperti advanced robotics, artificial intelligence, internet of things, Big data analytics, Horizontal and vertical system integration, The cloud, simulation, virtual and augmented reality, serta additive manufacturing yang secara keseluruhan mampu mengubah pola produksi dan model bisnis di berbagai sector Industry. Dimana teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan sepenuhnya. Agar mampu bersaing, Indonesia harus mampu mengadopsi Industri 4.0 ini dan mempersiapkan strategi yang tepat di semua sektor. Indonesia telah berkomitmen untuk membangun industri manufaktur yang berdaya saing global melalui percepatan implementasi Industri 4.0. Hal ini ditandai dengan peluncuran Making Indonesia 4.0 sebagai sebuah roadmap dan strategi Indonesia memasuki era digital. Kementerian Perind...